Makan Larut Bisa Membuat Gemuk, Mitos Atau Fakta ?

Posted by News 0 komentar
Ilustrasi

FiveNews - Mungkin Anda pernah mendengar tips diet yang menyebutkan, makan malam di atas pukul 7 malam bisa menyebabkan kegemukan. Beberapa mitos juga mengatakan, apapun yang Anda makan di malam hari, tidak akan bermanfaat apa-apa bagi tubuh selain menambah timbunan lemak.

Benarkah mitos tersebut? Jawabannya, tidak benar sama sekali. Makan di malam hari, terutama tepat sebelum tidur memang bisa mengganggu sistem pencernaan yang menyebabkan perut mengalami konstipasi atau sembelit di pagi harinya. Tapi makan larut malam belum tentu membuat Anda bertambah gemuk.

Seperti dikutip dari Intense-Workout, tubuh Anda tidak bisa membaca waktu dan tidak tahu konsep waktu. Oleh sebab itu, tubuh pun tidak tahu pukul berapa Anda makan. Singkatnya, mengonsumsi 500 kalori pada pukul 10 pagi, sama saja pengaruhnya ketika Anda makan 500 kalori saat pukul 10 malam. Jadi, bila Anda tidak sempat makan siang atau sore, boleh saja mengonsumsi makanan berat larut malam, asalkan jumlah kalori tidak lebih dari kebutuhan kalori Anda per harinya.

Dalam menjaga berat badan tetap ideal, asupan kalori yang pertama harus diperhatikan, bukan jam makan. Kebutuhan kalori pada setiap orang berbeda-beda, tergantung tinggi-berat badan dan aktivitas harian. Misalnya saja, kebutuhan kalori Anda 2.000 per hari.

Jadi, asupan kalori yang harus masuk ke dalam tubuh juga harus 2.000. Baik itu dikonsumsi secara terpisah (sarapan, makan siang dan makan malam) atau sekaligus di malam hari. Namun, sangat disarankan Anda membaginya tiga kali makan dalam sehari untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit pencernaan akibat makan tidak teratur.

Meskipun tidak masalah makan di malam hari, Anda tetap harus memerhatikan jenis makanannya. Sayur dan protein dari ikan serta bahan nabati adalah makanan yang ‘aman’ dikonsumsi saat malam. Begitu juga dengan kentang rebus, nasi merah dan buah-buahan. Hindari makanan terlalu banyak lemak, daging merah, soda dan makanan manis.

Tapi bila Anda memang punya kecenderungan tidak bisa menahan godaan untuk makan makanan berkalori tinggi, maka makan terlalu malam sebaiknya dihindari. Hal ini untuk mencegah Anda mengonsumsi kalori berlebih yang menyebabkan kegemukan.