3 Langkah Memaafkan Dengan Hati

Posted by News 0 komentar


 FiveNews Setiap orang pasti pernah merasakan sakit hati. Lantas, apa yang Anda lakukan selanjutnya? Terpuruk, atau membalas dendam?

Sesakit apapun diri Anda, sebaiknya jangan pernah untuk berpikir balas dendam. Pada awalnya pasti akan terasa sangat menyakitkan dan menimbulkan kemarahan, sebelum akhirnya Anda mampu memaafkan. Namun, memaafkan akan lebih baik dibandingkan dengan balas dendam. Balas dendam justru membuat kita menjadi orang yang buruk, bahkan sama seperti orang yang menyakiti kita. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa balas dendam bisa meningkatkan stres dan merusak kesehatan.
“Ketika kita dipukul, secara refleks biasanya kita langsung membalas. Namun, hal inilah yang ujungnya akan menimbulkan perkelahian, bahkan perang,” ungkap Judith Orloff, penulis bukuEmotional Freedom: Liberate Yourself From Negative Emotions and Transform Your Life.
Namun agar pribadi kita berkembang, kita harus menahan nafsu untuk membalas dendam, dan berusaha untuk memperbaiki kesalahan dengan cara yang lebih positif. Yakini bahwa segala perbuatan kita pasti akan ada balasannya suatu saat. Gunakan energi Anda bukan untuk membalas perbuatan orang yang menyakiti Anda, melainkan untuk melakukan hal-hal yang membahagiakan Anda. Seorang pendendam tidak akan mendapatkan kekuasaan dan kebahagiaan apapun, karena pikiran untuk membalas dendam akan terus mengusik kedamaian pikiran Anda.
Ketika Anda mencoba memaafkan, Anda akan menyadari bahwa bagian tersulit dari memaafkan adalah memaafkan sang pelaku, dan bukan perbuatannya. “Memaafkan mengacu pada si pelaku, dan bukan hanya perbuatannya. Seringkali mudah memaafkan perbuatannya, namun kita sendiri masih benci dengan si pelaku,” tambah Judith.
Selain itu, akan sangat sulit bagi kita ketika kita membiarkan mereka pergi dengan segudang “kemenangan” karena berhasil menyakiti kita. Memaafkan perbuatan seseorang yang buruk harus dilakukan, namun tetaplah pada pendirian Anda jika Anda tahu itu benar.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaafkan si pelaku dan  perbuatan yang dilakukannya. “Untuk bisa memaafkan, jadilah lebih hebat dibanding rasa marah Anda. Cobalah untuk mengontrol kemarahan dan mulailah untuk memaafkan,” tambahnya.
Beribadah. Mulailah untuk melakukan berbagai aktivitas rohani ketika sedang merasa marah. Dengan beribadah, hati Anda akan lebih tenang dan justru bisa mendapatkan pengampunan. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan kembali perjuangan Anda untuk tantangan selanjutnya.
Curhat. Ceritakan pada sahabat, terapis, ataupun orang yang dekat dengan Anda tentang hal yang dialami. Dengan demikian, kemarahan Anda bisa keluar dan perasaan menjadi lega. “Selain itu, menulis dalam sebuah jurnal atau diary bisa melegakan perasaan Anda,” ujar Judith.
Memaafkan. Lihatlah orang yang membuat Anda marah, dengan kepala dingin. Kemudian tanyalah pada diri Anda sendiri, “Apa kekurangan saya yang membuat dia marah?” Hal ini sebenarnya bukan kalimat kekalahan, tapi justru sebagai cara memaafkan orang yang sudah menyakiti kita. Terlebih kita juga bisa introspeksi diri kita sendiri agar menjadi orang yang lebih baik. [Sumber: Kompas.com]